Resep Membuat Tepung Bumbu Crispy Instan

aneka-crispyKrenyes lauk crispy memang tidak hanya enak sebagai pendamping santapan utama, tetapi juga nikmat sebagai kudapan di waktu senggang. Dengan saus sambal atau mayonaise, lauk crispy menjadi terasa lebih lezat.

Sebenarnya, lauk yang dilapisi tepung ini sudah sangat dekat dengan menu masakan keseharian kita. Kita bisa membelinya dengan mudah di restoran-restoran. Meski demikian, tidak sulit juga untuk membuatnya sendiri. Berbekal lauk, seperti udang, cumi, ikan, atau ayam, dan tepung bumbu crispy siap saji, Anda sudah bisa menciptakan lauk crispy sendiri.

Agar terasa lebih maknyus, tidak ada salahnya jika Anda juga membuat sendiri tepung bumbu crispy yang akan Anda gunakan. Berikut adalah resep tepung bumbu crispy instan yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan
200 gram tepung terigu               6 gram penyedap rasa
10 gram susu kedelai bubuk        4 gram merica bubuk
4 gram baking powder                4 gram cabai bubuk
4 gram cmc                                2 gram lengkuas bubuk
16 gram garam                          10 gram kaldu ayam bubuk
6 gram bawang putih bubuk         2 gram jahe bubuk
80 gram tepung maizena             4 gram kunyit bubuk

Cara membuat
1.    Campur semua bahan menjadi satu di dalam wadah.
2.    Aduk menggunakan sendok atau mikser hingga tercampur rata.
3.    Kemas tepung di dalam kantong plastik atau toples. Tepung bumbu instan siap disimpan.

Cara menggunakan
1.    Bersihkan ayam seberat 500 gram, lalu potong-potong menjadi 10 bagian.
2.    Rendam potongan ayam dengan larutan garam.
3.    Ambil 75 gram tepung bumbu ayam instan, tambahkan dengan air dingin sebanyak 125 ml atau 150 ml. Aduk rata. Air pelarut dapat dikurangi jika ingin mendapatkan hasil tepung yang tebal.
4.    Gulingkan ayam di atas tepung bumbu instan bubuk. Celupkan ke dalam adonan tepung instan cair. Angkat, kemudian gulingkan kembali di atas tepung bumbu instan sambil ditekan-tekan agar hasilnya keriting.
5.    Goreng ayam tepung ke dalam minyak panas dan banyak selama empat sampai lima menit hingga kuning kecokelatan.

Resep tepung bumbu crispy instan ini bisa Anda temukan dalam buku Membuat Aneka Lauk Crispy yang ditulis oleh Yuyun A. Tidak hanya itu, buku terbitan AgroMedia Pustaka ini juga memberikan informasi seputar tepung pelapis lauk renyah, berbagai tip lauk crispy, hingga 18 resep pilihan lauk crispy yang patut dicoba!