Untung Besar dari Bertanam Pepaya Unggul

Karena lahan penanaman pepaya semakin berkurang oleh perkembangan real estate, suplai kebutuhan pepaya semakin berkurang. Kekurangan ini menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di bisnis agro industri.

Selama ini Indonesia masih mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan pepaya di dalam negeri. Ada sekitar 25 juta konsumen tetap di tanah air. Selain itu, daya beli masyarakat juga semakin meningkat sehingga peluangnya pun semakin besar.

Dari sisi harga, pepaya unggul IPB-3 harga jualnya di supermarket mencapai Rp 11.000/kg. Jauh dengan harga pepaya biasa berukuran besar yang hanya dihargai Rp 2.500/buah. Dengan kisaran harga ini, harga jual di tingkat petani pun tergolong tinggi.

Satu pohon pepaya bisa menghasilkan 70—80 kg buah selama masa produksi, yaitu sekitar tiga tahun. Populasi pepaya untuk lahan seluar 1 hektar mencapai 1.200 pohon. Jika saja, asumsi harga terendahnya Rp 2000/kg di tingkap pekebun, satu pohon pepaya menghasilkan Rp 140.000 – Rp 160.000. Jadi, dari luas satu hektar, pekebun bisa meraup omzet hingga Rp 192 juta. Menguntungkan bukan?

Selain itu, produksi pepaya berlangsung sepanjang tahun. Maka, pekebun papaya dapat mengatur produksinya melalui jadwal tanam agar suplai ke supermarket tetap terjaga. Jika diusahakan secara intensif, tanaman pepaya akan mulai berbunga pada umur dua bulan sejak tanam di lahan. Buah dapat dipanen muali umur delapan atau sembilan bulan sejak tanam.

Cepatnya waktu panen pepaya, waktu pengembalian investasi pun lebih cepat, yaitu sekitar 8 bulan. Keuntungan lainnya, karena tanaman ini berbuah sepanjang tahun, modal usaha selanjutnya bisa ditutupi oleh hasil panen. Dengan demikian, modal awal investasi relatif lebih kecil dibandingkan dengan komoditas buah lain yang dipanen sekali, seperti pisang dan nanas.

Selanjutnya, bagaimana menanam dan merawat pepaya unggul? Buku Sukses Bertanam Pepaya Unggul Kualitas Supermarket yang ditulis Sobir, Ph.D ini akan membimbing Anda secara mudah, detil, dan praktis bagaimana bertanam pepaya unggul dari A sampai Z.

Buku yang diterbitkan AgroMedia Pustaka ini membahas seputar kebutuhan penanaman pepaya unggul, mulai dari pembibitan, pemeliharaan unsur tanah, pengenalan bunga, perawatan tanaman, pencegahan hama dan penyakit, sampai panen dan penanganan pascapanen.

Selain itu, buku ini dilengkapi juga seputar peluang bisnis pepaya. Untuk kebutuhan membangun usaha di bidang ini, kami juga memberikan contoh analisis usaha bertanam pepaya.

Selamat berkarya, semoga sukses!